Minggu, 08 Mei 2016

Masa Awal Kepengurusan

Masa-masa awal kepengurusan Mahapati ITS tidak semulus dan semudah yang kami bayangkan. Banyak tantangan yang harus kami hadapi untuk membuat organisasi ini lebih hidup. Saat itu anggota Mahapati berjumlah 11 orang dari angkatan 2011 (Eman, Ale, Reza, Randy, Hana, Zuhdi, Hendro, Elsa, Fiqi, Rendy, Didik) dan 5 orang dari angkatan 2012 (Theta, Nola, Itsna, Andina, Putri). Kegiatan kami pada fase ini hanya berfokus pada kegiatan internal seperti latihan fisik tiap minggu dan closed trip khusus untuk anggota Mahapati ITS. Tantangan pertama yang kami hadapi adalah mengajak anggota untuk rutin datang latihan fisik. Beberapa kali latihan fisik dibatalkan karena tidak ada yang ada datang. Latihan fisik sering dihadari hanya oleh beberapa anggota saja. Kegiatan rutin ini akan banyak dihadari jika Mahapati ITS akan mengadakan closed trip yang mesyaratkan pesertanya untuk hadir latihan rutin. Sepinya minat anggota untuk mengikuti kegiatan rutin ini juga dikarenakan tidak ada peraturan yang mengikat anggotanya.

Closed Trip 1 (Gn. Arjuno - 3339 mdpl)

Closed Trip 2 (P. Sempu - Malang)

Closed Trip 3 (Rafting Songa)

Beberapa bulan Mahapati ITS berjalan dengan kondisi seperti itu, membuat kami sadar bahwa organisasi ini tidak akan bertahan jika kami tidak mau berubah dan membuat Mahapati ITS lebih baik. Mahapati ITS memerlukan peraturan-peraturan dan budaya organisasi agar dapat bertahan. Beberapa kali rapat, kami memutuskan untuk mengadakan Diklatsar (Pendidkan dan Pelatihan Dasar) pertama yang wajib diikuti oleh siapa saja yang ingin bergabung dengan Mahapati ITS. Tujuannya adalah untuk menanamkan pengetahuan dasar mengenai Pecinta Alam dan utamanya untuk membangun kekeluargaan antar sesama anggota Mahapati ITS.

Rapat di HMTI ITS
Rapat di Plaza Surabaya

Beberapa dari kami memang pernah menjadi anggota Pecinta Alam di SMA, tetapi sebagian besar dari kami tidak memiliki pengalaman apapun bekaitan dengan organisasi Pecinta Alam maupun kegiatan yang berhubungan dengan alam. Orang-orang yang memiliki pengalaman ini akhirnya ditunjuk sebagai penanggung jawab Diklatsar Mahapati ITS yang pertama. Mereka adalah MT-00 (nomor anggota Mahapati yang menunjukkan angkatan dan nomor urut anggota) yang terdiri dari 5 orang yaitu Eman, Hana, Ale, Reza, dan Randy.
Kegiatan Diklatsar (Latfis + Materi Packing)

Latfis + Belajar Membuat Bivak

Diklatsar ini selanjutnya mencetak generasi pertama Mahapati ITS atau MT-01 yang beranggotakan 20 orang, 10 orang dari angkatan 2011 (Fraidee, Fiqi, Didik, Rendy, Elsa, Satrio, Utom, Rifky, Zuhdi, Hendro), 10 orang dari angkatan 2012 (Nola, Theta, Itsna, Andina, Putri, Ari, Gilang, Wildhan, Fahmy, Rian).

Pengangkatan MT-01 (Penanggungan - 1653mdpl)
20 April 2014

Slayer Pertama Mahapati ITS
        Besar harapan kami organasasi ini dapat berkembang dan menjadi lebih baik sehingga hingga puluhan tahun kedepan akan kami temui generasi-generasi penerus Mahapati ITS yang tak hanya mencintai organisasi dan kekeluargaan di dalamnya tapi juga mencintai alam dan Zat yang menciptakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar